Text
THE EDUCATIONAL PHILOSOPHY AND PRACTICE OF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL ATAS
Buku The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib al-Attas membahas secara mendalam gagasan dan kontribusi pemikir Muslim terkemuka, Syed Muhammad Naquib al-Attas, dalam bidang pendidikan Islam. Buku ini mengeksplorasi konsep-konsep utama dalam filsafat pendidikannya, termasuk definisi ilmu, adab, dan tujuan pendidikan Islam yang berorientasi pada pembentukan manusia yang beradab dan berakhlak mulia. Al-Attas menekankan pentingnya integrasi ilmu yang bersumber dari wahyu dan akal serta membedakan antara pendidikan Islam dengan sekularisasi ilmu.
Selain membahas teori, buku ini juga mengulas implementasi praktis dari pemikiran al-Attas dalam sistem pendidikan Islam kontemporer. Konsep seperti ta''dib (pendidikan berbasis adab) dan pendekatan Islamisasi ilmu pengetahuan menjadi inti dari gagasannya dalam membangun sistem pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam. Buku ini menjadi referensi penting bagi akademisi, pendidik, dan siapa saja yang tertarik dalam pengembangan pendidikan Islam yang holistik dan berlandaskan tradisi intelektual Islam.
Kata Kunci: Syed Muhammad Naquib al-Attas, pendidikan Islam, filsafat pendidikan, adab, Islamisasi ilmu, ilmu dan wahyu, pemikiran Islam.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain